UNUGHA CILACAP BERTARAF INTERNASIONAL

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

PKKMB merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa baru agar supaya mahasiswa baru lebih mengenal dengan kampusnya. UNUGHA Cilacap gelar PKKMB pada tanggal 4 – 6 September 2024 dikemas dalam Rapat Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024 dihalaman kampus UNUGHA Cilacap. kegiatan PKKMB ini di buka oleh Ketua Senat Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap Bapak Musa Ahmad, M.SI. dalam pembukaannya beliau menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru dan memberikan sekapur sirih yang dinukil dari para Mufassir, bahwa Hari PKKMB ini bertepatan pada hari Rabu dimana menurut para Mufassir Hari Rabu merupakan hari awal penciptaan Dunia, Dengan mengambil khikmah maupun fadlilah dari rabu mudah-mudahan anda sekalian (Mahasiswa Baru) akan tercipta menjadi manusia baru yang berjiwa akademik, ketua senat mengamanatkan Kepada jajaran pimpinan dan civitas akademika unugha untuk mengelola Pendidikan Kepada mahasiswa baru sehingga terbentuk jiwa akademik, sehingga tercapai visi misi UNUGHA Cilacap.

Sambutan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan beliau menyampaikan bahwa proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap tahun 2024 terdiri dari 4 Gelombang dilaksanakan dengan baik dan lancar. Gelombang pertama diberi istilah CAWAPRES (CAlon mahasisWA PREStasi) yang di mulai pada tanggal 15 Desember 2023 sampai 14 Februari 2024. gelombang pendaftaran ke 2 di mulai pada tanggal 15 Febuari – 15 April 2024. gelombang ke 3 dimulai pada Tanggal 16 April – 28 Juni 2024 dan Gelombang ke 4 dimulai pada tanggal 29 Juni – 28 Agustus 2024. dari empat gelombang pendaftaran unugha cilacap menerima 632 Pendaftar Calon Mahasiswa Baru , dari jumlah pendaftar tersebut teridentifikasi yang telah memayar Registrasi sejumlah 532 Calon Mahasiswa. Pada tahun ini Mahawiswa Baru datang dari berbagai daerah di Wilayah Indonesia bahkan dari Patani Thailand.

Plt. Rektor UNUGHA Dr. Umi Zulfa M.Pd memberikan ucapan selamat datang mahasiswa baru di kampus inspiratif dengan menyampaikan pantun.

“Mau PKKMB beli baju baru,

dapat bonus Dasi Kupu-kupu

selamat datang mahasiswa baru

UNUGHA Siap antar kesuksesanmu.

Naik Perahu ke Pulau Nusa kambangan

Tidak lupa membawa jajanan

di unugha kalian harus belajar sungguhan

Cepat lulus jangan kelamaan.”

Tema PKKMB kali ini mengusung Tema “Kampus Unugha Masa Depan Nusantara yang Mendunia” tema ini bukan sekedar slogan semata tetapi sebagai cerminan dari komitmen UNUGHA Cilacap untuk bisa menjadikan pendidikan tinggi sebagai jembatan untuk meghubungkan kekayaan budaya nusantara ke kancah global. Melalui tema ini juga UNUGHA berkomitmen sebagai Universitas inspiratif akan mengantarkan civitas akademika baik mahasiswa maupun Dosennya untuk berkegiatan diluar kampus baik didalam negeri maupun luar negeri dan siap berkompetisi di kancah nasional maupun internasional.

Sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiawa baru tema ini mengandung harapan besar, mahasiswa baru unugha tidak hanya menjadi pribadi yang unggul dalam akademik tetapi menjadi pewaris, pengawal dan pengembang budaya nusantara sehingga dengan 3 komitmen ini akan menjadikan civitas akademika UNUGHA mampu menyalur semangat kebangsaan dan mampu membawa nama nusantara ke kancah dunia.

Mahasiswa baru yang saya banggakan, diera ini tantangan yang dihadapi semakin kompleks namun dengan memanfaatkan keragaman Nusantara sebagai modal utama maka kami percaya bahwa kalian yang mempunyai potensi luarbiasa akan bisa berkontribusi secara produktif tidak hanya dilokal cilacap, namun pada skala nasional bahkan skala Global. Oleh karena itu mari kita sambut mahasiswa baru unugha dengan penuh semangat dengan penuh harapan agar berkiprah dengan penuh kebanggan sebagai bagian dari kampus masa depan nusantara yang mendunia kampus inspiratif yaitu kampus unugha Cilacap.

Sebagai institusi Pendidikan yang berkomitmen pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka UNUGHA juga dikenal sebagai universitas pusat sains dan Teknologi inspiratif, karena mengusung Visi pada tahun 2035 menjadi pusat pengembangan Sains dan teknologi yang inspiratif, tentu saja visi ini bukan sekedar impian melainkan menjadi arah dan komitmen yang telah di tetapkan, untuk membawa UNUGHA menjadi institusi yang unggul dan berberdaya saing tinggi serta kokoh dalam budaya.  Menjadi pusat sains dan teknologi yang inspiratif juga berarti UNUGHA Cilacap menjadi tempat dimana ilmu pengatahuan tidak hanya dipelajari tetapi diterapkan dan selalu dikembangkan untuk kebermanfaatan bagi umat manusia tidak hanya di Indonesia tetapi diseluruh dunia.

Kami juga berkomitmen untuk membangun lingkungan akadmik yang inovatif, kreatif, sekaligus juga mengedepankan kolaborasi diantara internal masyarakat kampus UNUGHA sekaligus masyarakat Dunia. Saudara-saudara yang saya banggakan, saudara-saudara merupakan bagian dari pada generasi yang akan membawa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap menuju generasi emas yang cemerlang, untuk itu visi kita menjadi pusat sains dan teknologi membutuhkan peran aktif dari saudara-saudara.

Saudara-saudara hidup di era sekarang banyak menghadapi tantangan oleh karena itu butuh yang Namanya komitmen butuh yang Namanya kedisiplinan dan butuh yang Namanya resiliensi atau daya juang yang tinggi tanpa itu maka anda akan menjadi orang-orang yang kalah, dengan tiga bekal tadi serta mendapat Ridlo, Hidayah serta Inayah dari Allah maka anda akan tampil menjadi inspirator-inspirator muda sebagai pemimpin masadepan yang memberikan kebermanfaatan tidak hanya untuk bangsa Indonesia tetapi untuk masyarakat Dunia.

Saudara-saudara adalah Al Ghazali Muda yang terus-menerus harus berjuang harus memunculkan ide-ide kreatif dan memiliki daya juang tinggi sehingga akan tumbuh subur sebagai generasi muda yang unggul dalam ilmu luhur dalam budi dan kokoh dalam budaya, semoga kita senantiasa mendapatkan hidayah dan inayah dari Allah. Amiin

Badan Pengelola Pelaksana (BPP) UNUGHA Cilacap pada pembukaan Rapat Senat Penerimaan Mahasiswa Baru menyampaikan Bahwa Lahirnya UNUGHA Cilacap merupakan Cita – Cita Muassis Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII) dan Muassis Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin dan Pondok Pesantren Lainnya. Karena dimasa yang akan datang santri atau orang yang berada di pondok pesantren akan semakin komplek. Tidak cukup bagi kalian semua untuk mempelajari ilmu-ilmu agama saja tetapi perlu bagi kalian semuanya untuk memahami bagaimana agar kalian semua mampu menghadapi tantangan yang akan datang, yang semakin kompleks dengan perkembangan yang pesat terkait Teknologi ini. Santri tidak akan kalah dengan orang-orang yang berada diluar karena terbukti, prestasi anak-anak yang pernah di pondok pesantren tidak kalah dengan orang-orang yang tidak dipondok pesantren.

Hari ini Unugha telah membuktikan bahwa UNUGHA bertaraf Internasional, dan ini juga merupakan cita-cita muassis. pesan saya kepada para Mahasiswa Baru yang Pertama adalah Niat, sebagaimana sabda Nabi Muhammad “Innamal A’malu binniyat” bahwa setiap apa yang kalian lakukan dimasa yang akan datang sehari-hari nanti yang kalian lakukan semua tergantung pada niatnya. Niatlah kalian datang ke UNUGHA untuk mencari ilmu yang banyak-banyakya. sehingga dapat di amalkan pada masa depan Kalian Semua. Kedua Pada prinsipnya Ya BAKII, UNUGHA, dan Nahdlatul Ulama itu mencetak generasi yang kuat dalam aqidah, aqidah ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah yang selalu mengedepankan sisi syari’at yaitu Al Qur’an, Hadits, Ijma’ dan Qiyah itulah yang harus kalian Pegang. UNUGHA selalu bersinergi dengan pondok pesantren untuk menguatkan aqidah, jangan sampai setelah kalian sukses nanti kalian tidak ingat bahwa kalian adalah hamba Allah.