Di dunia perpustakaan dan kepustakawanan dikenal dua macan layanan perpustakaan yaitu layanan teknis dan layanan pengguna. Yang dimaksud dengan layanan teknis adalah layanan yang menyangkut pekerjaan dalam mempersiapkan buku agar nantinya buku tersebut dapat digunakan oleh pengguna perpustakaan. Sedangkan layanan pengguna adalah aktifitas
perpustakaan dalam memberikan jasa layanan kepada pengguna perpustakaan, khususnya kepada anggota perpustakaan-nya. Oleh karena layanan teknis ini sudah dibicarakan dalam materi Pengolahan Bahan Pustaka, maka paper ini hanya akan membahas layanan pengguna saja.
Di dalam pelaksanaannya sering layanan-layanan tersebut dikelompok- kelompokkan kedalam dua macam saja yaitu Layanan Sirkulasi dan Layanan Referens. Dengan demikian maka layanan-layanan yang lain dapat diintegrasikan ke dalam layanan sirkulasi dan layanan referen.
Layanan Sirkulasi Merupakan kegiatan perpustakaan yang berhubungan dengan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka agar dapat dipergunakan oleh pengguna secara maksimal. Layanan sirkulasi meliputi layanan peminjaman, pengembalian bahan pustaka, perpanjangan masa pinjam bahan pustaka.
sedangkan yang dimaksud layanan referen pada perpustakaan AL Ghazali merupakan pemberian bantuan kepada pengguna untuk menemukan informasi dengan cara menjawab pertanyaan menggunakan koleksi referensi serta memberikan bimbingan untuk menemukan dan memakai koleksi referensi.