Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Ingklusi Sosial

Perpustakaan Merupakan salah satu sarana untuk memfasilitasi masyarakat dalam menggali informasi, dalam hal layanan perpustakaan juga sebagai media penunjang belajar pada satuan pendidikan. Dewasa ini masyarakat kerapkali mendapatkan informasi dari barbagai media sosial, untuk memilah dan memilih berita itu fakta atau hoks. Pemerintah membuat sebuah program berupa perpustakaan berbasis Ingklusi Sosial.

APA ITU Perpustakaan Berbasis Ingklusi Sosial?

Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan  untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha,  melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Azasi Manusia (HAM).

“Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial mensyaratkan komitmen dan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM Perpustakaan,” katanya pada Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2021 “Integrasi Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Literasi Dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural” secara virtual pada Selasa (23/3/2021).

Pada minggu terakhir bulan November lalu perpustakaan Al Ghazali Cilacap mendapat gilir kunjung dari Dinas perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Jawa Tengah, dalam rangka sosialisasi perpustakaan berbasis ingklusi sosial, dengan bekerja sama yang dibangun untuk membantu masyarakat agar lebih giat dalam menggali literasi digital.