PERINGATI HARLAH Ke-5 PK IPNU IPPNU UNUGHA SELENGGARAKAN ZIAROH DAN OSAKA

Orientasi Rekan dan Rekanita (OSAKA) Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) UNUGHA Cilacap. OSAKA PK IPNU IPPNU UNUGHA Cilacap diselenggarakan bertempat di Gunung Selok, Adipala  pada  Kamis  (28/09/2023).  Kegiatan  ini  merupakan  bagian  dari  rutinitas program kerja di PK IPNU IPPNU UNUGHA Cilacap setiap awal semester ganjil. OSAKA menjadi pra kegiatan bagi anggota baru sebelum mereka memasuki jenjang pengkaderan sesungguhnya. “OSAKA itu bertujuan sebagai wadah pengenalan organisasi dan antar anggota baru dengan pengurus,” disampaikan oleh Ketua PK IPPNU UNUGHA Cilacap Dini Iskandar.

Kegiatan OSAKA kemarin cukup mengesankan karena pelaksanannya sekaligus sebagai perayaan hari lahir PK IPNU IPPNU UNUGHA Cilacap kelima. Diawali dengan kegiatan berziaroh di Maqom Syekh Mahfudz Somalangu. Kemudian kegiatan dilanjutkan tasyakuran harlah dengan pemotongan tumpeng nasi kuning. Setelah itu, para demisioner yang hadir memberikan sarasehan tentang PK IPNU IPPNU UNUGHA Cilacap. Mereka menyampaikan agar para calon kader di organisasi terus menjaga semangat juang dalam berorganisasi. “Intinya, jadilah anggota, jadilah kader organisasi yang tidak kagetan,” tutur rekan Musyafa selaku demisioner pertama.

Usai sarasehan, tiba waktunya makan siang. Menu tumpeng dan lauk pauk lainnya dihidangkan dan dinikmati secara berjamaah. Momen ini juga menjadi sarana mengikat silaturahmi antar anggota lebih erat. Baru ketika selesai menyantap makan siang, para peserta OSAKA diarahkan ke bawah untuk melaksanakan ibadah sholat duhur. Kemudian dilanjutkan dengan permainan yang dipandu oleh rekan Jundan dan rekan Farhan. Kurang lebih pukul 16.00 kegiatan selesai dan peserta diperbolehkan pulang.

Apa Urgensi OSAKA?

OSAKA menjadi kegiatan strategis sebagai upaya menanamkan pemahaman terhadap para calon anggota baru perihal pentingnya berorganisasi IPNU IPPNU di ranah kampus. Para pengurus juga tetap mendorong para anggota agar tetap semangat belajar, tanpa mengabaikan perlunya berorganisasi. “OSAKA juga kami selenggarakan supaya rekan-rekanita bisa menentukan arah minat, potensi, dan bakat di PK IPNU IPPNU UNUGHA ini.” Pernyataan tersebut diungkapkan oleh rekan Syaiful Izi selaku ketua PK IPNU UNUGHA Cilacap.

Disampaikan juga bahwa IPNU IPPNU memiliki trilogi khas yang kerap menjadi slogan organisasi. Trilogi tersebut yakni, “Belajar, Berjuang, dan Bertakwa.” Trilogi ini nantinya diharapkan mampu menuntun para calon anggota baru untuk memahami arah tujuan berorganisasi mereka. Ketua PK IPNU UNUGHA mengharap pasca OSAKA, anggota baru bisa nyaman masuk ke dalam organisasi PK IPNU IPPNU UNUGHA serta lebih aktif dan progresif. Hal seirama pun dituturkan oleh rekanita Dini Iskandar. Ia berkeinginan para kader di 2023 ini mampu melanjutkan perjuangan eksistensi IPNU IPPNU di kampus.

Penulis : Rekanita Risma Azzahro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *